Profil Prodi Manajemen Pemasaran PAAP Program Studi Manajemen Pemasaran
Terakreditasi A - SK BAN PT NO: 008/BAN-PT/AK-VII/Dipl-III/VIII/2007

Visi Program Studi Manajemen Pemasaran
Menjadi Salah Satu Program Studi Manajemen Pemasaran Program Diploma III Terbaik, di ASEAN pada Tahun 2020


Misi Program Studi Marketing
Menghasilkan lulusan unggul yang sesuai dengan tuntutan pengguna, baik di dalam Negeri dan Luar Negeri, khususnya di kawasan ASEAN
Meningkatkan kompetensi dan komitment Dosen dan Karyawan untuk mampu memberikan kontribusinya dalam pencapaian tujuan Program Studi khususnya, dan program Diploma III FE Unpad pada Umumnya.
Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga, baik institusi pemerintah maupun swasta, baik dalam maupun luar negeri.

Mata Kuliah Praktika
Antara Lain : Praktika Komunikasi Pemasaran, Praktika Kebijakan Harga, Praktika Peramalan Penjualan, Praktika Statistika Bisnis, Praktika Manajemen Pembelian & Penjualan, Praktika Bisnis Eceran, Praktika Manajemen Pemasaran, Praktika Bahasa Inggris & Korespondensi, Praktika Komputer & E-Commerce, dll.

Tujuan Program Studi Manajemen Pemasaran
Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar melalui berbagai tahap pencapaian proses maupun metode pembelajaran.
Menciptakan lulusan Diploma III Manajemen Pemasaran yang unggul dan dapat bersaing di pasar kerja Nasional maupun Internasional (Khususnya di Kawasan ASEAN) dengan cara :
Meningkatkan IPK lulusan lebih dari 3,00
Secara bertahap dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris lulusan, dengan nilai TOEIC minimal 450
Meningkatkan Softskill lulusan agar lebih sesuai dengan tuntutan pasar kerja
Meningkatkan kompetensi Dosen dan Karyawan melalui upaya Pendidikan & Pengembangan
Meningkatkan Kuantitas dan kualitas hubungan Program Studi dengan Alumni untuk mengoptimalkan sinergi Program Studi dengan alumni.
Meningkatkan keterlibatan civitas akademika dalam program Pengabdian Maysarakat.

Tujuan Khusus Program Studi Manajemen Pemasaran
Menghasilkan lulusan Program Studi Manajemen Pemasaran Diploma III FE Unpad, yang memiliki kemampuan bekerja dan beradaptasi di perusahaan (Setingkat Supervisor/Penyelia), yang :
Mampu dan terampil membantu manajer pemasaran melakukan perencanaan, pengimplementasian serta pengendalian aktivitas pemasaran.
Mampu melihat dan menciptakan peluang kerja/berwirausaha maupun berkarya pada perusahaan orang lain secara professional dan mandiri.
Kompetensi Utama Lulusan Program Studi Manajemen Pemasaran Program Diploma III FE Unpad
Sebagai bagian integral dari Fakultas Ekonomi dengan orientasi yang lebih besar pada pencapaian tujuan fakultas, maka perumusan acuan dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran yang mewarnai orientasi Program Studi Manajemen Pemasaran Program Diploma III FE Unpad, tidak terlepas dari rumusan standar kompetensi lulusan, yang terdiri dari elemen yang merupakan penjabaran dari KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) dan SCL (Student Centre Learning), yang berorientasi pada Kompetensi.

Rumusan Kompetensi Lulusan Program Studi Manajemen Pemasaran Diploma III FE Unpad

Motivation
Memiliki Rasa ingin tahu tentang dinamika perkembangan Praktik Bisnis dan Manajemen Secara Umum.
Mempunyai kemauan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, kemampuan dan keterampilan diri.
Pengembangan Pribadi sebagai tenaga Pemasar (Marketer)
Bersifat Terbuka, peka dan tanggap atas perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap masalah yang dihadapi dalam bidang keahliannya untuk kemanfaatan dan Masyarakat.

Ability
Mampu untuk Merancang, dan melakukan simulasi pemasaran, menganalisis, serta
Mengiterpretasikannya.
Mempunyai kemampuan praktis melakukan penerapan konsep-konsep, teori dan metode-metode manajemen pemasaran.
Merencanakan Presentasi Penjualan
Membantu Manajer pemasaran dalam merencanakan, menjalankan dan mengevaluasi kegiatan pemasaran
Membantu Manajer pemasaran dalam merancang dan mengoperasikan sistem informasi pemasaran

Skills
Trampil dalam Mengelola, mengembangkan dan menerapkan praktik manajemen pemasaran dalam organisasi dan Lingkungan.
Terampil dalam menerapkan pengetahuan manajemen secara umum dan Information Technology
Merancang Konsep dan Pengembangan suatu Produk
Melakukan Presentasi Penjualan
Aplikasi Komputer dalam Aplikasi Bisnis dan Perkantoran (Microsoft Windows, MS-Office)
Penggunaan Bahasa Inggris dalam Kegiatan Bisnis
Membuat dan Mengoperasikan toko On-Line dengan OS Commerce

Attitude
Berjiwa Pancasila dan Berkepribadian yang tinggi/mulia
Memiliki sifat yang Positif terhadap perkembangan tuntuta pengguna dalam menumbuhkan jiwa profesional, kerjasama dan otoritas dari pekerjaan
Menghargai etika dalam bertingkah laku untuk menjalankan prinsip-prinsip bisnis dan manajemen profesional

Knowledge
Memahami situasi lingkungan pemasaran dalam membantu pengelolaan suatu organisasi/perusahaan
Mempunyai pemahaman dan pengertian umum atas norma dan kaidah penelitian dan penerapannya dalam manajemen pemasaran.
Mengetahui Konsep Aplikasi Pemasaran dalam kegiatan Bisnis
Mengetahu berbagai faktor yang harus dimiliki dan dihadapi oleh seorang tenaga penjualan (Sales person & Marketer)
Mengetahu berbagai perkembangan keilmuan dan aplikasi pemasaran dalam kegiatan bisnis